Followers

Friday, February 18, 2011

Writer vs Editor

Penulis : Ria N. Badaria
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
312 Halaman
Penulis Muda Berbajat Terbaik Khatulistiea Literary Award 2008-2009

"Hidup memang tidak selalu berjalan sesuai rencana atau kehendak manusia. Akan selalu ada kejutan di setiap sesinya, tergantung dari mana kita sebagai pelaku hidup ini melihatnya. Maka di sinilah manusia, pelakon hidup yang harus siap menghadapai kehidupan yang penuh misteri , dengan atau tanpa rencana."


Novel ini menceritakan tentang kehidupan Nuna dan Rangga. Nuna yang merupakan seorang pegawai swalayan yang ingin menjadi penulis.  Akan tetapi keinginan Nuna untuk menjadi seorang penulis dapat terwujud setelah novelnya dikatakan layak terbit oleh seorang Editor yang meramalkan novel ini akan menjadi Best Seller kalo dicetak. Sedangkan Rangga merupakan salah seorang Editor di sebuah perusahaan penerbitan ternama yang sebenernya menginginkan untuk menjadi seorang Jurnalis TV. Hanya saja keberuntungan berkata lain, dia justru banyak ditolak ketika ingin melamar diberbagai stasiun TV. Dan akhirnya Rangga menjadi seorang Editor yang cukup cihuy di penerbitan tersebut dan kini menangani novel Nuna.

Hubungan kerja antara Nuna dan Rangga ini awalnya tidak baik. Dimana Nuna dan Rangga harus bekerja sama dengan baik dalam pembuatan novel tersebut. Sayangnya, Nuna selalu susah dihubungi karena Nuna tidak punya HP sehingga Rangga harus menghubungi Nuna melalui temen Nuna. Rangga ngerasa dongkol abis nangani Nuna yang notabenenya seorang penulis awal yang novelnya baru pertama kali akan naik cetak, akhirnya ngerjain Nuna waktu mereka berhasil menemukan waktu yang pas untuk mendiskusikan bukunya. Waktu itu Rangga minta ketemuan di sebuah resto Jepang dan menyuruh Nuna yang membayarnya. Nuna yang waktu itu perkerjaannya cuma seorang pegawai swalayan merasa dikerjain abis-abisan dan diplorotin duitnya sama editornya. Dari situ Nuna ngerasa kalo Rangga ini adalah seorang yang brengsek dan gak tau diri. Begitu juga dengan si Rangga yang menganggap Nuna sebagai orang yang gak propesional dalam bekerja dan semaunya sendiri. 

Suatu ketika ada pergantian kepala divisi editor fiksi tempat Rangga bekerja. Ketua divisinya bernama Arfat. Pada awal menjabat sebagai ketua divisi, Arfat mengebu-gebu sekali untuk bertemu dengan Nuna dan menyuruh si Rangga untuk mempertemukannya dengan Nuna. Usut punya usut, ternyata si Arfat ini adalah kenalan Nuna yang pernah tinggal bersama. bla bla bla bla bla sampailah mereka pada cinta segitiga. Si Arfat yang pulang dari Australia untuk pindah kerja di Indonesia ternyata punya misi untuk mendekati si Arfat dan si Rangga yang terus kerja bareng sama Nuna akhirnya suka sama Nuna. Namun, karena pada awalnya Nuna sudah menyukai Arfat dari waktu mereka tinggal bersama dirumah Tantennya, Nuna akhirnya menikah sama Arfat. Meskipun pada akhir cerita di Novel ini si Nuna justru malah jadi sama Rangga. Mau tau kenapa? Baca aja. Kalo ditulis semua ntar jadinya saya nulis novel buka ngereview buku.. ihihihi..

Menurut saya Novel ini, emmm.... terlalu gampang ditebak alurnya. Waktu saya baca buku ini, dipikiran saya selalu bilang.. "pasti abis ini, gini deh ceritanya." dan waktu saya baca ternyata bener seperti apa yang saya duga. "terus abis ini, pasti jadian deh ini berdua," dan ternyata bener lagi. Sehingga saya bisa ngebaca buku ini cepet karena saya pernasaran sama tebakan saya tentang buku ini. Dan menurut saya, ceritanya umum banget. Kerja bareng dan cinlok. ya, seperti itulah. Tapi untuk mengisi waktu luang, boleh loh buku ini baca. :)

No comments:

Post a Comment