Followers

Friday, November 30, 2012

Cartoon #10 : The Cat Returns

Film ghibli yang kali ini termasuk yang menjadi favorit saya karena ceritanya ada kucing-kucingnya. Hahah. Jadi film ini bercerita tentang Haru, seorang murid yang kayaknya SMA yang ingin dipersunting oleh seekor raja kucing untuk di nikahkan dengan anaknya yang seorang pangeran kucing.

Berawal dari kehidupan Haru yang sangat biasa sekali. Anak sekolahan yang susah bangun dan kesiangan. Terlambat datang kesekolah dan di tertawakan satu kelas, begitu pula oleh gebetannya. Dan dia merasa segala hal buruk selalu terjadi kepada dirinya. Sampai suatu ketika, saat dia jalan pulang sekolah bersama temannya, Hiromi, ia melihat seekor kucing abu-abu berjalan sangat anggun dengan membawa sebuah bingkisan. Kucing itu kemudian memilih untuk menyebrangi jalanan. Bingkisan yang ia bawa tiba-tiba terjatuh. Si kucing berusaha mengambilnya lagi. Tetapi lampu lalu lintas udah keburuan ijo. Sementara itu sebuah truk melaju cukup kencang kearah kucing tersebut. Haru yang melihatnya langsung lari menyelamatkan kucing itu dengan menyeroknya (menyeroknya?  hmm aku bingung ngomongnya apa ini --“) dengan tongkatnya. Haru dan kucing itu selamat. Tapi tongkatnya patah. TIba-tiba Haru melihat kucing yang dia selamatkan berdiri dan membersihkan dirinya. Yang kemudian berbicara mengucapkan terima kasih kepada Haru. Jelas, Haru menjadi syok dengan kejadian itu.


Sesampainya dirumah, Haru menceritakan hal tersebut kepada Mamanya. Mamanya mengatakan bahwa dulu ketika Haru masih kecil dia suka berbicara dengan kucing. Kemudian ada flashback dimana Haru sedang memakan sekotak kue berbentuk ikan dan ada kucing kecil putih yang mengikutinya. Kucing itu terlihat kelaparan dan haru memberikan kue itu. Satu kotak.


Malamnya saat Haru sedang tidur, tiba-tiba semua kucing yang ada di dekat rumahnya mengeong. Hal itu membangunkan Haru. Haru mengintip dari jendela. Semua kucing mengarah kearah yang sama. Dimana ada lampu-lampu yang berjalan. Lampu-lampu yang dibawa oleh kucing-kucing yang juga berjalan. Berjalan dengan dua kaki belangkangnya. Haru kemudian turun. Ia ingin melihat keadaan. Tiba-tiba gerombolah kucing-kucing itu berhenti di depan rumahnya. Ada satu sosok kucing yang duduk kereta.  Kemudian satu sosok yang serupa seperti seorang penasehat memanggil Haru untuk mendekat dan menceritakan apa yang sedang terjadi. Ternyata gerombolan kucing itu adalah kucing-kucing dari kerajaan kucing. Dan ingin mengucapkan terimakasih atas tindakan Haru menyelamatkan pangeran mereka. Si kucing abu-abu yang diselamatkan oleh Haru.


Keesokan Paginya, Haru terbangun dan mengira apa yang terjadi Cuma mimpi. Tiba-tiba Hiromi menelponya dan menanyakan tentang kehadiran ratusan stik yang berantakan di sekolahnya. Tongkat yang dipatahkan Haru ketika menolong si pangeran kucing. Haru kemudian melihat gulungan kertas di mejanya. Belum sempat Haru melihatnya, mamanya keburu berteriak memanggil Haru. Di halaman Haru kini banyak tumbuhan cattails. Ketika Haru berangkat ke sekolah, kucing-kucing yang ada di sekitarnya mengitutinya satu persatu. Sampai Haru sampai di lokernya dan menemukan banyak kotak-kotak kecil yang bergerak memenuhi lokernya. Kotak-kotak kecil berisiikan tikus. Di kelas Haru membuka gulungan kertas yang tadi ada di atas meja kamarnya. Dan dia baru menyadari apa yang terjadi malam itu adalah nyata dan apa yang terjadi pagi ini adalah kerjaan para kucing-kucing itu.


 Siangnya haru menjalani piket kelas yang seharusnya menjadi jadwalnya Hiromi. Ketika ia hendak buang sampah ia terjatuh karena tersandung dan melihat gebetannya sedang jalan dengan wanita cantik. Ia langsung merasa desperate. Kemudian munculah salah satu kucing yang kemarin malam mendatangi dia dan menanyakan apakah Haru senang dengan hadiah yang mereka berikan. Haru sempat marah kepada kucing tersebut. Sampai akhirnya kucing tersebut menyebutkan bahwa Raja ingin melamarkan Haru untuk anaknya, si pangeran kucing. Awalnya Haru kaget, tapi kemudian Haru masuk dalam khayalannya. Bagaimana enaknya menjadi istri pangeran kucing. Dia tidak perlu merasa sial setiap hari, dia bisa makan sepuasnya, tidur sepuasanya. Ternyata khayalan-khayalan Haru itu dianggap benar-benar keinginan Haru untuk iya mau menikahi pangeran kucing. Haru menjadi panic. Tapi kucing yang mengantarkan pesan itu sudah pergi. Haru kemudian menyesali apa yang telah dia lakukan. TIba-tiba ada suara dari langit yang menyuruhnya ke Cat Bureau. Suara itu kemudian menyuruh Haru untuk mencari kucing putih besar di seberang jalan. Mereka akan membantu Haru dari kerajaan Kucing.



Sepulang sekolah, Haru mencari kucing putih besar di seberang jalan. Haru kemudian menemukan Kucing putih besar yang mukanya songong abis sedang tiduran di kursi. Haru pun mendekati kucing tersebut, tapi kucing itu hanya melihat Haru sinis. Haru pikir mungkin dia salah kucing dan berfikir untuk pergi. Tapi ternyata kucing itu benar yang dia cari. Kucing itu bisa berbicara. Kucing itu bernama Muta. Kemudian Kucing itu menunjukkan haru Jalan meuju Cat Bureau. Setelah melakukan perjalanan yang sangat kucing sekali (karena lewat-lewat genteng dan pagar-pagar), Haru sampai di sebuah tempat dengan bangunan-bangunan kecil. Di tempat itu ada Kucing yang juga dapat berbicara. Ia berpenampilan sangat necis sekal, dengan menggunakan Tuxedo dan topi. Kucing itu bernama Baron. Disitu juga ada gagak bernama Toto. Baron kemudian menyuruh Haru untuk masuk ke istanahnya. Rumah kecil dengan perabotan lengkap. Barong meminta Haru untuk menceritakan apa yang terjadi. Tetapi belum beberapa lama Haru disitu,gerombolan kucing dari kerajaan kucing datang dan menculik Haru. Baron, Toto dan Muta mengikutinya. Sayangnya hanya Muta saja yang berhasil ikut dengan Haru. Baron dan Toto kehilangan jejaknya.



Haru kemudian bangun dan melihat Muta berubah menjadi besar. Haru sudah ada di dunia kucing! Yang artinya dia yang mengecil dan ukuran tubuhnya kini sekucing. Tiba-tiba saja datang seekor kucing putih cantik dengan pita di lehernya bernama Yuki. Dan ternyata Kucing itu adalah kucing yang suaranya memberitahu Haru untuk mencari Cat Bureau. Tak lama kemudian orang dari kerajaan kucing datang dan meminta Haru untuk mengikutinya ke istana kucing.



Di istana kucing, Haru langsung diantar ke tempat ganti baju untuk mencoba baju nikahnya. Sementara Muta dibawa ke ruang makanan sambil menunggu Haru ganti baju. Ketika Sang raja datang melihat Haru, Haru ingin mengatakan bahwa dia tidak bisa menikahi anaknya karena ia adalah seorang manusia. Namun, tanpa sadar sebagain dirinya sudah menyerupai kucing. Haru memiliki telinga, hidung, tangan yang seperti kucing. Haru menjadi kaget, ditambah lagi melihat Muta yang seperti mati masuk kedalam kendi minuman Jeli. Haru menangis sejadi-jadinya dan sang raja menyuguhkan berbagai petunjukkan agar Haru tidak bersedih hati. Sayangnya tidak ada yang dapet menghibur Haru, sampai ada seekor kucing bertopeng yang meminta izin untuk mengajak Haru berdansa. Dia adalah Baron.


Kehadiran Baron itu langsung diketahui oleh Sang Raja. Raja kemudian menyuruh pasukannya untuk menangkap Baron. Kerusuhan yang terjadi menyebabkan kendi tempat Muta terjebak dalam jeli jatuh dan pecah. Muta yang hidup kembali pun ikut dalam kerusuhan itu. Yuki kemudian menunjukkan jalan keluar. Haru, Muta dan Baron kemudian mencoba melarikan diri. Sayangnya Raja melakukan apa saja agar mereka tidak bisa keluar dari kerajaan itu sampai-sampai harus menghacurkan menara kerajaan. Sampai akhirnya Pangeran kucing datang dan menanyakan apa yang sedang terjadi. Raja kemudian menyampaikan maksudnya kepada anak kesayangnya itu. Sayangnya, ternyata si pangeran sudah memiliki tambatan hati. Yuki adalah kucing yang disenangi pangeran. Dan ketika pangeran pergi ke bumi saat diselamatkan haru adalah untuk mencari kue kesukaan yuki. Haru kemudian menyadari bahwa Yuki adalah kucing yang dulu pernah dia berikan makanan waktu kecil. Karena merasa apa yang dilakukannya sia-sia, sang raja gak mau membuat itu menjadi sia-sia. Karena sudah terlanjur membawa Haru ke istana dan ternyata anaknya telah punya tambatan hati, maka Raja ingin menikahi Haru. Untungnya Haru bisa menyelamatkan diri berkat bersama Baron dan Muta berkat bantuan Yuki dan pangeran kucing.



Awalnya liat judul film ini di salah satu warnet dewa yang mampu menyediakan banyak film,saya gak tau kalo film ini adalah film dari ghibli. Soalnya saya ngopi film ini cuma karena ada tulisan cat-catnya. hihih.Sebenernya ceritanya The Cat Returns ini tidak terlalu dalam dan berat, seperti Princess Mononoke atau pun Tales of EarthSea. ceritanya sungguh ringan dan sangat imajinasi sekali.
Tapi karena ceritanya yang sangat ringan itu saya jadi sangat menikmatinya. Tapi seru juga kali ya bisa mampir ke istana kucing yang isinya kucing semua. hihihi

No comments:

Post a Comment