Followers

Friday, November 16, 2012

Cartoon #4 : Tales from Earthsea

Selamat pagi-pagi . :)
Jadi, kali ini saya akan mengumumkan bahwa tema Cartoon yang bakal saya garap dibulan ini saya ubah menjadi Tema Cartoon dari Ghibli. Secara kan ya, ini beberapa posting dari pertama saya mostingnya film-film dari Ghibli. So, tulisan sekarang pun tetap dari Ghibli.  Kali ini film yang bakal saya bahas adalah Tales from EarthSea. Sebenernya postingan selanjutnya bukan film Ghibli yang ini. tapi kemaren malem saya baru aja nonton film ini dan merasa gatel mau nulis tentang Film ini. tapi karena saya masih butuh tidur yang cukup demi masa pertumbuhan. Jadinya baru pagi-pagi gini saya ngepostnya (ini hanya alibi semata). jadi, Film Ghibli yang satu ini tidak lagi merupakan sentuhan Hayao Miyazaki, melainkan putranya sendiri yaitu Goro Miyazaki.
    Cartoon ini bercerita tentang seorang anak pangeran muda bernama Arren. Diawal cerita diperlihatkan adanya sebuah kapal yang sedang berlayar. tiba-tiba muncullah semacam awan hitam yang mengelegar-gelar dilangit (halah apaan deh gue). Awak kapal yang kebingungan akan kejadian yang tiba-tiba itu tiba-tiba menemukan dua ekor naga yang sedang berkelahi, mungkin naga-naga itu sedang birahi untuk merebutkan naga wanita yang juga sedang heat. Secara kan ya sekarang lagi musim kawinnya hewan kayak kucing saya (apaan lagi deh lu thy). Nah, melihat kejadian itu, disebuah kerajaan sedang melakukan sebuah rapat besar diselenggarakan oleh seorang raja yang cemas dengan masalah rakyatnya yang sedang terjadi. Dimana gagal panen dan matinya hewan ternak makin marak dinegaranya itu. Selain itu, Raja yang mengetahui tentang adanya dua naga yang saling bertikai menjadi semakin cemas. konon dulu katanya kehidupan naga dan manusia itu bersama, namun karena satu lain hal, sepertinya mereka berbeda prinsip atau zodiak mereka gak matching jadinya mereka memilih untuk menjalani kehidupan masing-masing. Manusia tinggal di bumi, dan naga di langit. 


Dan tiba-tiba ujug-ujug gitu aja, seorang pangeran muda yang bernama arren itu membunuh ayahnya dan ngambil pedang milik ayahnya. dan ujug-ujug tiba-tiba lagi, Arren sudah berkuda dan dikejar-kejar sama segerombolan serigala. Dan ketika Arren terjatuh dari kudanya dan hampir diserang oleh serigala, ia diselamatkan oleh seseorang bernama 'Sparrowhawk'. Kemudian Arren dan Sparrowhawk melakukan perjalan bersama ke sebuah desa. ketika diperjalanannya itu, Arren melihat seorang anak perempuan yang sedang di ganggu oleh segerombolan orang, Arren menolong anak  perempuan itu, tapi sang anak perempuan malah marah kepada Arren dan pergi tanpa terimakasih. Arren pun mengetahui nama anak itu adalah Therru. Berawal dari sini, Arren tiba-tiba diculik oleh orang-orang yang tadi menggangu Therru. Dan di tengah perjalanan Arren mau dibawa ke tempat seorang penyihir jahat bernama Cob, Sparrowhawk menyelamatkannya. Dan membawa Arren ketempat Tenar untuk menlakukan pengobatan. Dimana ternyata Therru adalah anak Tenar. 


Cob yang mengetahui kejadian itu, merasa marah dan ingin menangkap si Sparrowhawk dan menyuruh anak buahnya untuk mengunjungi tempat Tenar. Namun, karena si Hawk ini tidak ketemu karena ia pergi ke kota untuk mencari pedang Arren yg hilang, anak buah Cob menculik Tenar untuk dijadikan sandera. Sementara itu, Arren merasa ia harus pergi agar tidak dicari-cari oleh anak buah Cob, maka Therru hanya tinggal sendirian ketika kejadian itu berlangsung. Disamping diculiknyaa Tenar, Arren yang berusaha melakukan perjalanan sendiri itu, tiba-tiba mengalami kejadian aneh. Dimana dia melihat sesosok dirinya sendiri. Yang ternyata adalah kerjaannya si penyihir Cob. Cob kemudian membawa Arren bersamanya dan menghipnotis Arren dengan ketakutan Arren sendiri yaitu takut dengan kematian.


Sparrowhawk yang tau Tenar diculik oleh Cob dan Arren yang menghilang kemudian mencoba mencari dimana keberadaan Cob. hawk menitipkan pedang Arren kepada Therru kalau-kalau Arren pulang. Sparrowhawk yang berhasil sampai ketempat Cob bertemu dengan Arren yang sudah terhasut oleh Cob. Ujug-ujug Therru bertemu dengan Arren, tapi ternyata itu buka Arren melainkan semacam rohnya Arren. sosok lain Arren itu menyuruh Therru untuk menyusul Arren. Sesampainya di istana Cob, Therru berhasil menemukan Arren dan menyadarkana Arren kembali dengan memberikan pedang Arren tersebut. Therru dan Arren berniat untuk menyelamatkan Tenar dan Hawk. Karena kekuatan pedang Arren yang seperti hebatnya pedang si kesatria baja hitam itu mampu memutus tangan Cob, seketika itu Cob berubah menjadi sesosok orang tua. Yang ternyata Cob menggunakan sihirnya untuknya menghindari dirinya dari tua dan kematian. Sayangnya Cob tidak mati, dia justru menyekap Therru dan membunuhnya. Theruu yang disangka sudah meninggal tersebut ternyata bangkit lagi menjadi seekor naga.

Nah, begitulah ceritanya. panjang ya saya nulisnya. Yang mau saya katakan tentang film Ghibli yang satu ini adalah film ini diluar ekspetasi saya dimana ketika saya nonton film Ghibli akan berkata 'waooow kereeen'. Entah ini cuma perasaan saya saja apa emang film ini kurang greget. Saya cenderung bosan nontonnya, malah saya bisa sambil nyicil baca buku ketika nonton film ini. Film ini banyak ujug-ujugnya yang mana artinya tiba-tiba. terlalu terburu-buru. Mungkin karena yang ngebuat ini adalah Goro Miyazaki yang merupakan anak dari Hayao Miyazaki masih belum bisa mengarahkan ceritanya seperti sang ayahnya. Seperti ketika diawal cerita dijelaskan mengenai masalah gagal panen dan banyaknya hean yang meninggal, tapi selama film ini diputar di windows media player tidak ada kejelasan lagi mengenai itu. sosok Arren yang ceritanya mempunyai sisi lain dalam dirinya yang ketakutan akan kematian pun tidak kuat pula sifatnya. dan tiba-tiba si Therru yang ujug-ujug menjadi naga. 
Well, selamat long weekend loh ya teman-teman. Jangan lupa hari jumat ini yang cowok pada sholat jumat biar ganteng :)

No comments:

Post a Comment