Followers

Tuesday, November 6, 2012

Cartoon #2 : My neighbor totoro



Film kartun kedua kesukaan saya masih buatan Studio Ghibli. My Neighbor Totoro atau bahasa jepangnya Tonari no Totoro. Film ini dibuat pada tahun 1988. Bercerita tentang dua perempuan kakak beradik bernama Satsuki (kakak) dan Mei (Adik) yang baru saja pindah rumah agar dekat dengan ibunya yang sedang dirawat dirumah sakit. Ketika mereka baru aja pindah ke rumah mereka yang baru, Satsuki dan Mei melihat makhluk-makhluk kecil berwarna hitam yang berjalan-jalan dirumahnya. Dan kata seseorang nenek tetangganya, makhluk-mahluk itu adalah roh penunggu rumah kosong. Herannya, kedua bocah ini malah tidak takut dan justru mengejar-ngejar para makhluk hitam ini. Pada suatu hari, karena ayah mereka harus menyelesaikan pekerjaannya dirumah dan Satsuki harus sekolah, Mei bermain-main di perkarangan rumahnya. Saat itu Mei melihat sebuah makhluk aneh lainnya yang berjalan di halaman rumahnya. Mei yang penasaran akhirnya mengikuti makhluk tersebut sampai akhirnya bertemu dengan makhluk besar berbulu halus yang bernama ‘Totoro’. Totoro tinggal di sebuah pohon besar yang berada di samping rumah mereka, yang katanya merupakan pohon roh penjaga hutan dan si totoro ada roh tersebut. Mei menceritakan hal tersebut kepada si kakak dan ayahnya. Namun mereka tidak percaya, justru ayah mei mengatakan kalau mungkin yang ditemukan oleh Mei adalah penjaga hutan.

Suatu hari, Satsuki dan Mei ingin menjemput ayahnya di tempat pemberentian bus karena ayahnya lupa membawa payung dan saat itu sedang turun hujan deras. karena bis yang ditumpakin si ayah tak kunjung datang, Mei tertidur di pundak Satsuki. Tiba-tiba ada makhluk besar berdiri di samping Satsuki. Totoro berdiri persih disamping Satsuki dengan hanya menggunakan payung daun. Satsuki akhirnya mengetahui bahwa inilah totoro yang ditemukan adiknya ketika ia bermain di halaman.

Suatu hari lagi, Mei menghilang karena mengetahui sang ibu yang tidak jadi kembali pulang kerena kembali jatuh sakit. Mei marah dan ingin menjengguk si ibu. Sayangnya Mei menghilang dan membuat Satsuki beserta seluruh warga cemas mencarinya. Satsuki yang sudah sangat stress tidak bisa menemukan Mei meminta bantuan Totoro.


Film Totoro ini tidak berbeda dengan film Miyazaki lainnya, yaitu dengan menghadirkan sosok-sosok aneh dan ajaib. Film ini juga mengangkat hal-hal sederhana seperti yang ada di sekitar kita layaknya teman imajiner bagi anak kecil. Dimana sosok-sosok ajaib seperti totoro hanya mampu dilihat oleh anak-anak saja. Selain itu, Film ini juga melambangkan tentang hubungan alam dengan manusia. Dimana Totoro diibaratkan sebagai roh alam yang akan membantu jika dia tidak di ganggu. Cerita yang dihadirkan cukup sederhana dan diceritakan dengan suasana yang lucu. Dan menurut saya, Studio Ghibli ini luar biasa sekali, bayangkan pada tahun 1988, saya sudah merasa bahwa bentuk animasi yang mereka sajikan sudah lebih dari bagus. Awal menonton saya tidak tahu dan tidak menyangka kalau film ini di rilis di jepang pada tahun segitu. Saya belum lahir loh waktu itu. Yang jelas film ini sangat ringan melebihi ringannya berat badan saya dan sangat menghibur sekali di bandingkan dengan tugas akhir yang tak kunjung kelar. Selamat dini hari, mari lanjut ke microsoft word dengan judul 'skri*$%%()&?>|}!!!%#%*(&(*(^$^*)@@(>:{:>> tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttttt'

No comments:

Post a Comment