Followers

Wednesday, November 28, 2012

Cartoon #7 : Kiki's Delivery Service

 Film ini diawali dengan seorang gadis berumur 13 tahun bernama Kiki yang sedang asik tiduran diatas rumput sambil asik mendengarkan berita di radio. TIba-tiba ia tersadar dari tidurnya dan berlari-lari menuju rumahnya dan mengatakan pada ibunya bahwa dia akan pergi malam ini. Karena Kiki merasa malam ini adalah malam yang sempurna untuk pergi. Langit akan cerah dan bulan akan terlihat indah, begitu kata berita yang tadi dia dengarkan. Lalu kenapa Kiki harus pergi? dan mau kemana kah Kiki? Kiki akan menjalani pelatihan sebagai seorang penyihir. Karena dia dilahirkan dalam keturunan penyihir maka ketika ia sudah berumur 13 tahun, ia harus melakukan sebuah pelatihan dengan merantau ke negri orang dan melakukan pengabdian. Dan dimulailah perjalanan Kiki untuk latihan menjadi penyihirnya. Dengan menggunakan baju hitam layaknya para penyihir dan ditemani dengan kucing hitamnya yang bernama Jiji, juga tak lupa dengan sapu lidinya yang bisa terbang. Kiki pun siap mencari tempat destinasi dimana dia akan menjalani latihannya. 

 
Kiki menikmati perjalanannya pertamanya dengan sapu terbang. Ia menikmati melihat lampu-lampu kota dari atas, kendaraan yang lalu lalang di jalan raya, hingga berpapasan dengan pesawat terbang. Dan ketika Kiki sedang menikmati perjalanannya itu, ia melihat seorang witch muda yang juga sedang terbang dengan sapunya. Penyihir muda itu juga sedang melakukan pelatihan dan ia merupakan tukang ramal di desa dimana dia melakukan pelatihan. Ketika penyihir muda itu bertanya kepada Kiki mengenai apa yang menjadi keahliannya,Kiki tidak bisa menjawabnya. Kiki menjadi merasa cemas karena dia tidak tahu apa yang menjadi keahliannya. Dia harus mencari tahu apa yang menjadi keahliannya.


Tibalah Kiki di sebuah kota yang dia rasa ia bisa tinggal disitu untuk menjalani pelatihannya. Kiki mengelilingin kota dengan terbang menggunakan sapunya hingga membuat orang-orang menjadi heran, tercengan, kaget, terkejut dan ekspresi-ekspresi lainnya. Sayangnya, diawal perkenalannya dengan warga setempat Kiki justru membuat kekacauan sampai hampir membuat kecelakaan lalu lintas dan harus berurusan dengan polisi. Untungnya, seorang anak bernama Tombo membantu Kiki dengan mengatakan ada seorang pencuri yg membuat polisi tersebut beralih dari Kiki ke pencuri. Tapi bukannya berterimakasih, Kiki malah marah kepada Tombo karena ia merasa tidak butuh untuk di tolong. Meskipun demikian, hal itu justru membuat Tombo menjadi senang.



Ketika Kiki sedang merenungi nasibnya, tiba-tiba seorang wanita hamil yang berdiri di sampingnya dan berteriak-teriak memanggil seorang ibu dengan kereta bayi sambil membawa empeng bayi. Wanita hamil yang ternyata pemilik toko roti tersebut awalnya memutuskan untuk mengantarkan empeng bayi itu ke ibu yang meninggalkannya di tokonya. Melihat hal itu, Kiki menawarkan dirinya untuk membantu mengantarkannya ke ibu-ibu tersebut. Wanita hamil pun sangat berterima kasih dan sangat terkejut ketika melihat kiki pergi mengejar ibu yang membawa kereta bayi tersebut dengan terbang menggunakan sapu lidinya.


Dari kejadian itu, Kiki memulai pelatihannya. Wanita hamil pemilik toko roti yang ternyata bernama Osono tersebut mengetahui bahwa kiki adalah seorang penyihir muda yang sedang dalam training dan meminjamkan kamar kosong yang ada di rumahnya. Kiki pun berkerja untuk Osono di toko rotinya dan semenjak kedatangan Kiki, toko roti Osono membuka satu pelayan khusus yaitu layanan pengiriman dengan mengunakan kiki dan sapu terbangnya. 


Film ini sangat menarik menurut saya. Meskipun ceritanya sebenarnya sederhana tapi saya bisa menikmati alur ceritanya dengan nyaman. Kiki yang seorang gadis muda yang masih sangat antusias dengan apa yang harus ia lakukan, keadaan dimana dia bisa juga sangat drop karena kehilangan semangat sampai keberaniannya yang sangat luar biasa demi menyelamatkan orang terdekatnya. Dan Ghibli lagi-lagi menyihir kita dengan ilustrasi yang terlihat begitu nyata. Dan lagi ada yang berbeda dari film Ghibli lainnnya, Kiki’s Delivery service ini gak ada tuh pesan-pesan tentang lingkungannya.Ceritanya pure untuk menghibur dan pas sekali untuk anak-anak. Lagi pula film ini memudarkan ingatkan kita tentang nenek sihir jahat yang suka menggunakan mantra-mantra untuk menghacurkan orang-orang baik. Selamat menonton!

No comments:

Post a Comment